Jumat, 18 Februari 2011

Kuliah singkat kerja cepat

Lembaga pendidikan yang satu ini memang beda. Kuliah singkat(2 tahun) dan kualitas diakui di lapangan kerja. Belum lama berselang lembaga pendidikan ini sempat bikin heboh lantaran mahasiswanya sendiri berdemo mempertanyakan status lembaga yang menurut pemerintah disetarakan dengan SMU Plus. Mau tau kebenarannya? LP3I memang tidak menyandang status akademi atau jenjang pendidikan resmi lainnya yang diakui pemerintah. LP3I terdaftar di Depdiknas sebagai lembaga pendidikan luar sekolah. Mengapa demikian? Karena LP3I tidak mungkin mendaftarkan diri sebagai jenjang pendidikan perkuliahan resmi dikarenakan kurikulum yang dimiliki LP3I sangat berbeda dengan kurikulum resmi yang diterapkan pemerintah. Kurikulum LP3I betul-betul disesuaikan dengan kebutuhan lapangan kerja dan bisa berubah hampir setiap tahunnya. Saya sebagai salah satu lulusan LP3I (saya lulus tahun 2000), setelah lulus dan bekerja, merasakan sendiri, tak satupun dari mata kuliah yang saya peroleh di LP3I, tidak saya temui di lapangan kerja. Walaupun LP3I membantu menyalurkan mahasiswanya untuk bekerja, tapi sama sekali tidak sulit bagi para lulusan untuk mencari pekerjaan sendiri. Sementara para lulusan perguruan tinggi negeri sekalipun bisa menganggur setahun atau dua tahun sebelum memperoleh pekerjaan, saya hanya membutuhkan waktu dua bulan untuk memperoleh pekerjaan yang saya inginkan setelah lulus dari LP3I dengan gaji yang lumayan untuk ukuran lulusan baru. Lebih dari 50% lamaran yang saya kirimkan mendapatkan perhatian dari pihak perusahaan (dipanggil untuk tes atau interview), bahkan saya bisa menolak pekerjaan yang saya rasa tidak cocok (sementara kebanyakan fresh graduates akan menerima pekerjaan apapun yang mereka ada asal mereka bisa bekerja). Tulisan ini murni opini pribadi saya, LP3I oke banget deh pokoknya.

0 komentar:

Posting Komentar